Dapatkan informasi secara realtime dengan mengikuti kami di Blogger

Cara Redirect 301 Domain Lama Ke Domain Baru Blogger

Selamat datang di blog rulsz.eu.org, kali kami akan membagikan tutorial cara redirect 301 domain lama ke domain baru di blogspot.

Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated

Jika Awalnya kamu menggunakan blog gratisan blogger, misalkan bloganda.blogspot.com dan ingin mengganti domain tanpa pindah hosting, maka Kalian hanya perlu melalukan custom domain, Misalkan Kalian memiliki blog dengan nama blogku.blogspot.com lalu mau diganti dengan domain TLD yang sudah di beli sendiri sehingga berubah menjadi blogku.com atau domain lainnya yang tidak ada .blogspot.com nya di Akhiran URL.

Lalu bagaimana jika Kalian ingin mengubah atau mengganti kembali domain tersebut ke nama domain yang baru?

Alasannya mungkin karena Kalian merasa bahwa nama domain sebelumnya terlihat kurang begitu mudah diingat atau nama domainnya kurang sesuai dengan isi artikel blog Kalian, sehingga harus merubahnya lagi ke nama domain lain.

Nah di artikel kali ini kami membagikan tutorial redirect domain lama ke domain baru.


Simak Penjelasan Berikut Ini!

Cara mengalihkan domain lama kedomain baru di blogger ini berlaku bagi blog yang sudah TLD (Top Level Domain).

Apa Itu Redirect 301 ?

Redirect adalah teknik yang digunakan untuk mengarahkan pengunjung domain Anda ke URL yang berbeda. Kalian dapat meneruskan nama domain ke situs web apa pun yang tersedia secara online. Saat seseorang mengetik atau mengklik pada URL asli, mereka akan dibawa ke halaman atau situs web baru.

Misalkan Kalian ingin me-redirect dari domain bloglama.blogspot.com ke blogbaru.blogspot.com, atau ingin mengalihkan TLD yang baru dengan domain yang sama, contohnya dari blogku.com ingin di redirect ke blogku.net, tentunya sangat membantu di blogger atau blogspot.

Alasan Melakukan Redirect 301

Mungkin Kalian memiliki banyak alasan mengapa Kalian perlu melakukan redirect domain 301, antara lain sebagai berikut.

Domain dibanned Google Adsense

Jika domain yang telah di banned oleh Adsense, maka kemungkinan untuk diterima kembali menjadi mitra Google Adsense adalah sebuah mimpi yang tak akan pernah terwujud.

Solusinya adalah, semua artikel dipindahkan ke domain baru, lalu di  redirect dari domain lama.

Ingin menggabungkan beberapa blog menjadi satu

Karena blog di domain lama masih bagus posisinya pada Google servis, maka cara pintar yang hendaknya dilakukan setelah mengimpor seluruh konten ke domain baru adalah, mengalihkan URL (permalink) domain lama ke URL domain baru.

Sehingga pengunjung blog di domain baru makin bertambah. Bukan malah menghapus blog yang lama.

Nama domain lama terlihat kurang bagus

Mungkin dulu ketika Kalian membuat domain tidak dipikir panjang terlebih dahulu, sehingga ketika Kalian menyadari bahwa domain Kalian terlihat kurang bagus dan segera ingin menggantinya.

Intinya, tujuan atau alasan utama untuk melakukan  ini adalah mempertahakan eksistensi pengunjung dan page views blog, ke domain baru.

Karena sejatinya pengunjung tetap akan menikmati konten yang dia inginkan, tanpa disadari bahwa dia telah berada di URL domain baru.

Cara Redirect 301 Domain Lama Ke Domain Baru 2022

  • Siapkan domain baru, kalian beli dulu ke jasa domain pilihan anda, atau kalian bisa buka link berikut ini https://www.domainesia.com/domain/.
  • Buat Blog Baru, lalu ganti dengan domain yang sudah di beli tadi
  • Setelah selesai mengganti domain, dan domain yang baru sudah bisa di akses, silahkan kalian masuk ke blog lama. Masuk ke menu Setelan >> Lainnya >> Klik Cadangkan Konten.
  • Buka kembali blog lama kalian, lalu import konten yang sudah kalian downliad tadi di menu Setelan >> Lainnya
Note:
Sebelum melakukan Impor Konten jangan pilih Publish Otomatis. Disarankan untuk posting artikel secara manual.

Karena permalink blog lama kalian harus sama persis dengan permalink di blog baru kalian.

  • Buka dashboard domain lama kalian , lalu kalian pilih menu Template >> Edit HTML. Cari kode </head> lalu letakkan kode berikut ini di atas kode tadi.

<script type='text/javascript'>
var d='';
d=d.replace(/.*\/\/[^\/]*/, '');
location.href = 'https://www.blogku.com' + window.location.pathname;
</script>

Silahkan ganti https://www.blogku.com dengan domain baru Kalian.


  • Simpan Template
  • Selanjutnya kalian buka dashboard domain baru, buka menu Postingan > Draf. Silahkan edit satu-satu artikel yang ada disitu, dengan menyamakan permalink dari domain lama ke domain baru.
  • Langkah terakhir kalian edit bagian body postingan melalui HTML (bukan Compose), ini dilakukan jika Kalian menggunakan teknik internal link, yang domainnya dianjurkan untuk di ubah ke domain baru.

Demikian penjelasan tentang cara mengalihkan domain lama kedomain baru di blogger, jika kalian terbantu silahkan share artikel ini, jika ada kesahalan bisa hubungi kami di menu kontak.

Baca juga :

About the Author

Hanya seorang blogger yang tidak pandai menulis artikel, menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer tanpa menulis apa-apa Buy me a Coffee

Posting Komentar

Harap Komentar Sesuai Dengan Postingan
Popular Emoji
😊😁😅🤣🤩🥰😘😜😔😥😪😭😱🤭😇🤲🙏👈👉👆👇👌👍❤🤦‍♂️❌✅⭐

Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ketika komentar kamu sudah di jawab.
Parse:

Gambar Quote Pre Kode
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.